Pages

  • Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • RSS Feed

Wednesday, February 20, 2013

Monumen Lambang Surabaya

No comments:
 
MONUMEN LAMBANG SURABAYA
Monumen atau tugu yang berada di depan Kebun Binatang Surabaya ini merupakan lambang kota Surabaya. Monumen ikan hiu atau orang Surabaya dulu menyebutnya ikan "Suro" sedang bertarung dengan "Boyo" (Buaya) di dalam air yang bergejolak.

Pertarungan dan pertemuan kedua hewan air inilah yang dijadikan sebagai ciri khas dan penamaan Kota Surabaya = ikan "SURO" dan "BOYO" dirangkai jadi SUROBOYO.

Dalam sejarah yang kita peroleh dari kakek dan nenek kami, orang Surabaya. Bahwa dahulu ada kisah, konon dalam suatu sungai di Surabaya (sebelum ada namanya -red), ikan hiu (ikan Suro) karena air pasang laut masuk ke sungai tersebut. Kemudian di sungai tersebut bertemu dengan seekor buaya besar, sehingga buaya tersebut ingin mempertahankan wilayahnya, dia menyerang ikan suro tersebut.

Maka terjadilah pertarungan sengit antara kedua hewan pemangsa tersebut. Saat pertarungan tersebut diketahui oleh seseorang (yang sampai sekarang belum dikenal siapa) diabadikan atau dipopulerkan sebagai nama Kota Surabaya.

Untuk upload ini sekian dulu, setelah itu kita sambung dengan info monumen Surabaya yang lainnya.

No comments:

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff